Yayasan Ulayat Bengkulu

Masalah Hukum Sekitar Cloud Computing

Cloud Computing dapat membantu bisnis Anda mengurangi biaya karena Anda tidak perlu berinvestasi pada perangkat keras dan infrastruktur fisik lainnya, data Anda akan disimpan di lokasi aman dan Anda hanya membayar untuk apa yang anda gunakan - ada biaya lisensi tidak terkait dengan komputasi awan.

Masalah hukum yang terkait dengan Cloud Computing
Yang mengatakan, ada beberapa masalah hukum penting yang harus diperhatikan sebelum Anda sign-up dengan salah satu vendor awan untuk bisnis Anda.

Isu-isu ini, dibahas di bawah ini, yang lebih relevan bagi para pemilik usaha yang berencana bergeser ke awan dan mungkin tidak benar-benar peduli apakah Anda seorang konsumen yang hanya menggunakan awan untuk email kantor atau menyimpan dokumen.

1. Fisik Lokasi Data Anda
1a. Dimana data disimpan secara fisik?
data Anda dapat disimpan di setiap negara dan Anda mungkin tidak tahu di mana pusat data tersebut berada. The 'lokasi fisik' menimbulkan pertanyaan tentang tata hukum atas data. Pelanggan harus jelas sehingga ketentuan hukum yang berlaku di negara tertentu.

1b. Jika timbul sengketa, apa yang akan menjadi tempat yurisdiksi?
Dalam kasus konflik timbul antara awan vendor dan pelanggan (Anda), yang sistem pengadilan negara akan menyelesaikan sengketa tersebut?

Katakanlah Anda adalah seorang pemilik bisnis di Cina dan penyedia layanan Anda adalah awan yang berbasis di Amerika Serikat. Vendor pasti akan lebih memilih menetap kasus di dalam sebuah pengadilan Amerika, tetapi sebagai pelanggan, apakah Anda memiliki sarana keuangan dan sumber daya untuk mendapatkan sengketa diselesaikan dalam yurisdiksi negara lain?

2. Tanggung Jawab Anda Data
2a. Bagaimana jika data center terkena bencana?
Mungkin terjadi bahwa tempat penjual adalah sangat terpengaruh karena bencana. Bahkan publikasi 10-Q dari Google Inc dengan Securities and Exchange Commission menyebutkan risiko seperti:

Sistem kami rentan terhadap kerusakan atau gangguan dari gempa bumi, serangan teroris, banjir, kebakaran, kehilangan daya, kegagalan telekomunikasi, virus komputer, komputer penolakan serangan layanan, atau upaya lain untuk merusak sistem kami.

Pertanyaannya adalah apakah Anda membebaskan oleh perusahaan asuransi untuk bisnis Anda kehilangan atau tidak?

2b. Apakah ada cakupan kewajiban untuk melanggar privasi?
Jika terjadi pelanggaran privasi karena kesalahan vendor awan, apakah ada kewajiban cakupan kebijakan yang diambil oleh vendor? Ruang lingkup pelanggaran privasi telah melebar jauh selama bertahun-tahun di bidang asuransi cyber. Beberapa operator asuransi menawarkan perlindungan yang bahkan untuk pelanggaran ringan dan informasi pelanggan kompensasi atas atas nama vendor awan.

2c. Apa yang dapat dilakukan jika data center akan hacked?
Meskipun semua vendor awan mencoba yang terbaik untuk menangkis hacker, tidak ada pengaturan keamanan dianggap sangat mudah. Jika data center akan hacked, dapat Anda bergerak melawan vendor untuk mengklaim kehilangan keuntungan?

3. Hak Kekayaan Intelektual
3a. Apakah data Anda dilindungi oleh hak kekayaan intelektual?
Jika terjadi bahwa data adalah ciptaan Anda sendiri (seperti foto, sastra, dll), maka itu dilindungi oleh hak kekayaan intelektual dari negara itu? Apa berarti yang Anda miliki jika mereka melanggar?

3b. Seberapa aman adalah rahasia dagang?
Data Anda disimpan dalam 'awan' mungkin rahasia dagang atau informasi pribadi yang harus dilindungi hubungan pengacara-klien. Seberapa aman informasi tersebut akan berada di tangan para vendor awan?

Atau mempertimbangkan situasi terbalik. Jika Anda kebocoran rahasia dagang dari badan usaha lain, seberapa jauh akan awan penyedia penyimpanan Anda pergi untuk melindungi data Anda ketika mereka telah dipanggil ke pengadilan dengan semua data yang tersimpan, akses log, dll

3c. Pihak ketiga akses?
Vendor dapat memberikan beberapa pihak ketiga hak istimewa akses ke data Anda yang tersimpan. Identitas pihak tersebut, jika ada, harus diungkapkan kepada pelanggan. Di sini, pihak ketiga bisa menjadi otoritas hukum atau bahkan pegawai internal. Pelanggan selalu harus diberitahu sebelum vendor memungkinkan pihak ketiga untuk mengakses data yang tersimpan.

Untuk melindungi kepentingan bisnis Anda, karena itu mungkin sangat penting bahwa Anda membaca syarat dan kondisi yang cermat sebelum sign up untuk layanan berbasis awan.

Jika vendor menyediakan formulir kontrak standar (yang merupakan praktek umum), maka Anda harus harus menyadari sepenuhnya semua syarat dan kondisi. Ini akan menyelamatkan Anda dari kejutan menyenangkan dan Anda akan finansial, mental dan hukum siap untuk menyelamatkan bisnis Anda dari konsekuensi yang tidak menguntungkan dari komputasi awan.

Nikita Anand Penulis adalah editor-in-chief dari Mighty Hukum di mana ia berusaha menjelaskan jargon hukum yang rumit dalam bahasa Inggris sederhana. Nikita saat ini sedang mengejar gelar di bidang Hukum dari NLIU.


Sumber: http://www.labnol.org/internet/cloud-computing-legal-issues/14120/
Share on Google Plus

About Loenbun

Ulayat Adalah Organisasi Non Pemerintah yang didirikan pada tanggal 26 januari 2000 di Bengkulu. Aktivitas utama Ulayat meliputi pelayanan masyarakat di dalam dan sekitar hutan, melakukan pemantauan kasus-kasus kehutanan dan perkebunan, melakukan inventarisasi model-model pengelolaan sumberdaya alam berbasis rakyat dan advokasi kebijakan lingkungan di Indonesia.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments :

Posting Komentar